Wednesday, May 12, 2010

Firefox 4

fxedutoolkit_posterlarge.gifSiapa sih yang gak kenal dengan yang namanya firefox. Browser opensource keluaran mozilla ini memang makin digandrungi oleh pengguna internet diseluruh dunia. Selain karena keamanannya yang lebih terjamin firefox dipilih karena memiliki extensi yang sangat kaya yang dapat digunakan untuk menamah fungsionalitas browser ini. Maka dari itulah tidak heran firefox makin beken aja.

Tetapi nampaknya mozilla tidak mau berpuas diri dengan hanya pencapaian ini, apalagi beragai browser seperti chrome dari google dan opera makin mencuri perhatian publik. Maka dari itulah mozilla ingin melakukan perombakan di firefox. Perombakan dilakukan dari sisi daleman dan luarannya.

Disisi daleman firefox akan menggunakan mesin javascrip baru untuk menggantikan tracemonkey yang digunakan sekarang. Mesin yang baru itu akan diadopsi dari Nitro milik Safari (apple), diharapkan dengan mesin javascript yang baru ini firefox dapat melaju lebih kencang. Selain di sisi javascript versi empat juga diharapkan akan membawa dukungan penuh untuk HTML 5 dan css3 yang sekarang lagi menjadi isu panas. Oh ya ada lagi, jetpack juga akan disempurnakan di versi 4 ini, jetpack mengijinkan pemasangan extenstion tanpa merestart firefox.

Untuk luarannya firefox akan merombak tampilannya. Dan seperti yang lagi ngetren tampilan yang akan digunakan akan mirip dengan google chrome tetapi tentunya tetap dengan rasa firefox. Memang tampilan yang minimalis ini makin ngetren, lihat saja opera juga baru saja mengadopsi tampilan ini di versi 10.50 nya.

Bagaimana teman-teman? Tertarik dengan versi terbaru dari firefox ini. Tunggu saja dulu karena rencananya barang ini akan dirilis sekitar bulan November dengan versi coba-cobanya dirilis di bulan Oktober. Info lebih lengkap di mozilla.com

No comments:

Post a Comment